Penerapan Pancasila Pada Kehidupan Sehari-hari

Selamat Datang Di Blog Saya

PENERAPAN PANCASILA PADA KEHIDUPAN SEHARI - HARI 


Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tetap bangsa setra mencerminkan kepribadian bangsa. pancasila merupakan ideologi bagi negara Indonesia oleh karena itu, dalam hal ini pancasila dipergunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan negara. Isi dari Pancasila itu sendiri yaitu terdapat lima butir sila yang menjadi asas dari kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni ketuhanan yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila ini mengandung nilai bahwa mengaku adanya tuhan serta meyakininya dan dengan agama yang dipercayainnya atau dianutnya, serta bertaqwa dan menjalankan aturan-aturan yang ada didalam agama sesuai dengan pemeluknya. Contoh penerapan sila ke-1 ini dalam kehidupan sehari hari yaitu sebelum kita melakukan suatu kegiatan harus berdoa, rajin beribadah, saling menghormati dan memberikan bertoleransi antar umat beragama,  saling mengohormati antar sesama manusia, menghormati dosen, selalu taat terhadap peraturan kampus, menjaga kebersihan kampus dan saling menghormati antar mahasiswa.
Sila kedua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Sila ini mengandung nilai-nilai bahwa negara harus menjungjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai mahluk yang beradab. Jadi tidak ada perbedaan antara suku, ras, agama, status sosial maupun keturunan tetap memiliki hak dan keadilan yang sama. Contoh : menegur kesalahan teman, menghargai perbedaan teman meliputi ras suku dan asal mula dia berasal, berani menyampaikan kebenaran dan selalu jujur dengan apa yang diperbuat.
Sila ketiga, Persatuan Indonesia. Pada sila ini menunjukan bahwa rakyat indonesia harus bersatu tidak boleh ada perpecahan. Dalam nilai persatuan indonesia juga terkandung nilai patrionisme dan cinta tanah air, dimana seluruh rakyat indonesia harus bersatu dan rela berkorban membela negaranya sampe titik darah penghabisan demi cinta tanah air. Contoh ; menjaga nama baik kampus, belajar dengan giat sehingga dapat mengharumkan nama kamus, memiliki rasa cinta damai dan tidak tawuran.
Sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan. Disini rakyat yang berperan penting terhadap negaranya dimana rakyat merupakan asal mula kekuatan negara dan keudalatan ada ditangan rakyat. Jadi, setiap rakyak berhak memilih perwakilan mereka dan meliki hak serta kewajiban yang sama sehingga dalam sila ini terkandung nilai demokratis, gotong royong dan musyawarah yang dilaksanakan dalam kehidupan negara. Contoh : Pemilihan ketua, himpunan/UKM dilakukan secara demokratis yakni melalui di vote oleh seluruh mahasiswa, Pengambilan keputusan ketika rapat diambil berdasarkan musyawarah, bergotong royong dalam membersihkan kampus dan saat sedang melakukan suatu rapat tidak memaksakan kehendak orang lain.
Dan sila kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Maka keadilan dalam kehidupan sosial haruslah meliputi seluruh rakyat indonesia, persamaan hak dalam berbagai hak-hak yang dilandasi dengan hak dan kewajiban setiap orang serta sikap saling menghormati orang lain agar dapat tercapainya keadilan. Contoh : selalu berbuat baik terhadap sesama teman, menolong teman yang kesusahan, dan membantu teman yang kekusasahan dalam memahami materi yang telah diberikan oleh dosen.




Jika ada pilihan benar atau baik, maka pilihlah baik~


Komentar